welcome to this blog



Haiiii semua nyaaa...
selamat datang di blog yang akan mengkasak kusuk tentang ke-geografi-an

tujuan dari adanya blog ini adalah untuk diskusi tentang segala yang berhubungan dengan ilmu geografi...

semoga saja blog ini bermanfaat untuk kita semua...

berharap bisa membantu kegalauan anak-anak sekolah yang masih bingung belajar tentang geografi,

membantu para guru dalam cara penyampaian tentang ilmu geografi,

dan juga membantu kaula muda atau om, tante, oma dan opa yang ga pengen gagap pengetahuan tentang kebumian hehehe...

terima kasih ^____^

salam bumi n
stop global warming



12/12/11

3 in 1 tips mengajar geografi

Banyak siswa yang suka mengeluh tentang cara mengajar gurunya di sekolah. monotonlah, galaklah, anehlah dan sebagainya. Inilah fenomena yang sering dihadapi oleh seorang guru bimbingan belajar (bimbel/les). Mendengar keluhan-keluhan mereka mengenai gurunya sendiri itu sudah seperti sajian mingguan di setiap pertemuannya. Tapi ini bukan berarti semua pelajaran guru-gurunya dianggap tidak asik bagi mereka.

Mungkin secara psikologi mereka sedang dalam tahap transisi, antara menerima dan menolak kondisi yang tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Jadi mereka belum bisa menerima kondisi yang berbeda antara mereka dengan guru mereka. Tetapi memang sebaiknya guru nya lah yang lebih objektif dan membimbing juga memberikan pengertian kepada mereka.

sebetulnya tidak mudah untuk bisa mengajar dengan baik. karena guru akan dihadapkan dengan sejumlah siswa yang memiliki karakter dan kemampuan kognitif siswa yang berbeda-beda… selain itu tugas guru pun begitu banyak apalagi tugas utamanya adalah mendidik bukan sekedar mengajar.

oke berhubung keterbatasan saya hanya sebagai pengajar bimbingan belajar maka bahasan kali ini akan saya batasi hanya pada kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas. Sebetulnya begitu banyak metode dan cara pengajaran yang telah tersaji dalam beberapa teori pendidikan. Namun pada kenyataannya tidak semua guru bisa mempraktekannya dengan mudah yang ditambah dengan jumlah siswa yang cukup banyak.

Berdasarkan simpelnya pengamatan dan sedikitnya pengalaman dari saya, sebetulnya KBM itu bisa kita anggap sebagai acara yang besar. Di dalam acara besar tersebut tentu ada yang bertugas sebagai MC, MODERATOR DAN PEMBICARA. Nah di dalam KBM itu sendiri Guru akan menjadi 3 in 1 nya acara.

berikut adalah gambaran dari 3 in 1 tersebut :

pertama adalah kita sebagai pengajar harus bisa menjadi MC yang baik dalam kegiatan belajar mengajar ini. Mengemas KBM semenarik mungkin dengan membuka dan menutup KBM yang mengesankan. Bila kita membuka KBM dengan menarik maka otomatis siswa akan tertarik dan siap untuk mendapatkan pembelajaran. dan bila kita mampu menutup KBM dengan mengesankan maka siswa akan terus mengingat pelajaran yang telah dilaluinya dan berharap untuk dapat belajar kembali seperti ini.

kedua adalah kita harus bisa menjadi pembicara yang baik dalam KBM. Menjelaskan pelajaran sebaik mungkin, sejelas mungkin dan semudah mungkin. Artinya mudah bagi mereka bukan mudah dari sudut pandang kita sebagai pengajar. Temukan cara mudah untuk mengingat pelajarannya, mengerti akan tujuan apa yang telah mereka pelajari dan buat mereka merasa ada manfaat dari apa yang telah mereka pelajari itu.

Ketiga adalah kita harus bisa menjadi moderator yang baik dalam KBM. Sebagaimana tugas dari seorang moderator adalah mengawasi ,membimbing jalannya acara, dan menyimpulkan dari isi acara tersebut. Begitupun dengan seorang pengajar yang baik dia harus mampu mengawasi, membimbing per-KBM-an agar kelas tetap bisa menjadi kondusif dan menyimpulkan dari pelajaran yang telah diberikan pada saat itu. Sehingga siswa tetap terkendali dengan ruang pikir dan belajarnya tersebut. Selain itu, tugas guru sebagai moderator pun harus bisa memahami maksud dari pertanyaan-pertanyaan yang mungkin dilontarkan para siswa, agar guru tidak salah mengartikan dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

itulah tips 3 in 1 dari saya.

Ajarkanlah mereka dengan baik, gunakanlah 3 in 1 ini dengan pendekatan emosi/psikologi. Maksudnya adalah berikan peenjelasan mengenai pengetahuan dari ilmu yang dipelajarinya dengan gaya yang sesuai dengan sasaran ajar kita.

bila menghadapi siswa tingkat SD maka belajarlah menjadi ibu yang baik bagi mereka,

bila yang dihadapi adalah siswa tingkat SMP maka belajarlah menjadi kakak yang baik bagi mereka,

dan bila yang dihadapi adalah tingkat SMA maka belajarlah menjadi sahabat yang baik bagi mereka.

dengan 3 in 1 dan pendekatan psikologi seperti ini InsyaAlloh mereka akan merasa nyaman dalam KBM bersama kita sebagai pengajar :)

semoga bermanfaat

salam bumi dan stop global warming

2 komentar:

Unknown mengatakan...

bisa jadi referensi mengajar,....ijin ikut membaca

NAJAH mengatakan...

monggo di lengkapi denganmtode pembelajaran ...trims

Posting Komentar